Kamis, 29 September 2011

KASUS PERILAKU DAN SOSIAL BUDAYA YANG BERPENGARUH PADA PELAYANAN KEBIDANAN KOMUNITAS (POSITIF)

KASUS PERILAKU DAN SOSIAL BUDAYA YANG BERPENGARUH PADA PELAYANAN KEBIDANAN KOMUNITAS (POSITIF)
Oleh :

Agustin Prasetya





PRODI D-III KEBIDANAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN PEMKAB JOMBANG
2011


BERIKUT INI CONTOH KASUS PERILAKU DAN SOSIAL BUDAYA YANG BERPENGARUH PADA PELAYANAN KEBIDANAN KOMUNITAS YANG POSITIF


SELAMATAN 7 BULANAN


Di desa payaman kabupaten nganjuk, ada ibu yang sedang hamil 7 bulan pada hari minggu tanggal 30 maret mengadakan selamatan 7 bulanan,dalam adat jawa disebut “ TINGKEPAN” kata orang jawa tingkepan ini bertujuan untuk meminta keselamatan ibu dan bayi agar mendapatkankehamilan yang sehatdengankegiatanmandikembangdengan 7sumbermata air danbunga 7 rupabesertauangdalam proses siramanituibudansuamimemakaikainjarikkemudiankeduanyadudukbersebelahandan yang menyiramdimulaidarikedua orang tua, tokoh agama, tokohmasyarakat, danseluruhkeluarga yang inginmenyiram, setelahacarasiramanselesaiibugantibaju.
Dan calonbapakmemecahbuahkelapasetelahituapabilabuahkelapalangsungpecahorang jawaberanggapanbahwacalonbayiberjeniskelaminlaki-lakitapiapabilakelapatidaklangsungpecahmaka orang jawaberanggapancalonbayiberjeniskelaminprempuan.
Setelahmemecahkankelapa, kelapa yang digunakanuntukmemandikanjugadipecahdanditumpahkanbesertauang yang ada di air tadi, danmasyarakat pun berebutmengambiluangdankelapa yang mitosnyadapatmenyembuhkansegalamacampenyakit.
Setelahitukedua orang tuajualanrujakdan yang membelimasyakat.Jikamasyarakatbilangrujaktersebutenakmitosnyaanaknyaperempuandancantik di liat, jikarujaknyakurangenakmakamitosnyaanaknyalaki-laki.Setelahitu orang tuamembagikannasi yang adaayam, telur, sayur/mie, tahu, tempe, ikanbandeng.
Setelahacaratersebut, padamalamharijugadiadakansyukurankembalidanbiasanyajugadibacakansurat Yusuf jikaanaknyalaki-lakibiargantengsepertiNabi Yusuf, danjikasurat Mariam makaanaknyacantikseperti Mariam. Acarainijugadibagikannasidanikanayam, sayur/mie, telur, tahu, tempe, ikanbandengdanjugarujak.
Dalamacaraselamatan 7 bulananinidapatkitaambilpositifnyayaitubisaberbagirizkilebihpada orang lain, ibubisamakanmakananbergizisepertitelur, ayam, ikanbandengdanjuga di bacakan do’a olehbanyak orang agar kehamilannyalancardantidakadahalangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar