Kamis, 29 September 2011

TUGAS KEBIDANAN V (Dr.Suparyanto,M.Kes) EPIDEMIOLOGI

TUGAS KEBIDANAN V (Dr.Suparyanto,M.Kes)
Nama : AGUSTIN PRASETYANINGATI
NIM : 090403002

1. Apa yang dimaksud dengan Epidemiologi?
Epidemiologi yaitu merupakan ilmu yang mempelajari tentang kejadian (penyakit) di masyarakat yang meliputi distribusi dan penyebabnya.

2. Apa perbedaan dari epidemiologi deskriptif dan epidemilogi analitik ?
Perbedaan epidemiologi deskriptif dengan epidemiologi analitik yaitu epidemiologi deskriptif adalah ilmu yang hanya mempelajari tentang gambaran distribusi penyakit masyarakat saja tetapi tidak mencari penyebabnya, sedangkan epidemiologi analitik yaitu ilmu yang mempelajari distribusi penyakit serta penyebab penyakit di masyarakat sehingga dapat mencari solusinya.

3. Apa manfaat dari aplikasi epidemiologi dalam bidang kecelakaan lalu lintas?
Yaitu dengan aplikasi epidemiologi dapat mengurangi angka kejadian kecelakaan dengan cara mencari penyebab dari kecelakaan itu sendiri dan mencari solusinya sehingga kecelakaan lalu lintas dapat berkurang.

4. Apa manfaat epidemiologi dalam bidang kebidanan atau keperawatan ?
Manfaat epidemiologi dalam bidang kebidanan yaitu dapat mengurangi angka kematian ibu dan bayi dengan mempelajari dan mencari penyebabnya sehingga di temukan solusi untuk masalah tersebut.

5. Dengan menggunakan konsep epidemiologi , jelaskan :
a. Cara menghitung kebutuhan obat?
b. Produk kebidanan atau keperawatan apa yang sesuai pada saat saudara akan
membuka praktek di desa?
a. cara menghitung obat dengan cara menyediakan obat lebih banyak untuk pasien atau masyarakat yang banyak terkena penyakit tertentu, serta menyediakan obat sedikit untuk pasien yang jarang terkena penyakit tertentu (menyediakan obat sesuai keperluan)
b. Produk kebidanan atau keperawatan yang sesuai pada saat akan
membuka praktek di desa yaitu menyiapkan segala sesuaitu yang akan diperlukan untuk membuka praktek di desa yaitu meliputi standarisasi (persiapan alat,dll) , perizinan (SIPB) , dan sertifikasi APN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar